PERLUKAH PUSKESMAS MENJADI PUSAT KONSELING REMAJA?

Bambang Y Sundayana

Udara dingin pada Sabtu pagi yang cerah menyertai langkah gontai Rena (bukan nama sebenarnya), 17 tahun,  mendatangi Puskesmas Sukajadi Bandung. Sudah mendekati sebulan, rasa perih dan gatal di bagian kemaluannya semakin menjadi. Bahkan dalam seminggu terakhir, badannya terasa demam. Rasa sakit, mendorongnya untuk bercerita apa yang dirasakannya pada Widya (43 tahun), seorang staf lapangan pada Program Peduli DI KAP Indonesia. Widya pun membujuknya untuk memeriksakan ke Puskesmas. Akhirnya, walaupun ada perasaan cemas dan malu, namun Rena bersedia memeriksakan diri dengan didampingi oleh Widya.

Rena adalah seorang remaja yang saat ini masih kelas XII sebuah SMK ...

gallery/img_20180814_122706[1]

Sisi Gelap Geliat Pertumbuhan Kota

Anita Gayatri

Kota Bandung merupakan salah satu kota tujuan pariwisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Tersedianya sarana prasarana serta adanya perbaikan infrastruktur kota menjadi salah satu penunjang daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Kota Bandung menjadi salah satu tujuan wisata yang difavoritkan, hal ini didorong oleh kehadiran jalan tol Cipularang yang memangkas perjalanan dari Jakarta menuju Bandung dapat ditempuh dua sampai tiga jam saja. Beberapa sektor yang cukup menonjol dalam menopang perekonomian Kota Bandung, diantaranya sektor industri (tekstil dan garmen), perdagangan, pendidikan, pariwisata, jasa, akomodasi dan kuliner. Kota Bandung menjadi pusat transaksi ...

gallery/bandung titik merah

AKU DIBUAT TIDAK BERDAYA OLEH KEKASIH

Widya Kusrini

Anak perempuan yang pingsan itu berusia enam belas tahun, tubuh mungil dan mulut yang beraroma alkohol. Memakai kaos putih bercorak bunga, celana jeans yang ketat dan rambut hitam panjang terurai. Wajah cantik, kulit sawo matang bertanda tato kuda laut dipergelangan tangan sebelah kanan, masih tergeletak di jembatan yang dikelilingi laki-laki.

Ketika tergeletak dia dalam keadaan urat nadi tangan sebelah kiri luka parah berdarah karena goresan benda tajam. Dia anak tunggal dari keluarga yang broken home, sejak kedua orang tuanya cerai, dia tinggal bersama Bapak, Kakek dan Nenek. Dia tumbuh menjadi anak yang kurang kasih sayang dari seorang Ibu. Untuk mencari sosok seorang Ibu maka dia banyak ....

gallery/poto koleksi der

Urgensi Pemberdayaan Masyarakat dan Advokasi untuk Perlindungan Anak

Tubagus Tama R

Dalam memperjuangkan isu perlindungan anak, dipastikan terdapat proses-proses dari pemberdayaan maupun advokasi, karena tanpa adanya advokasi yang jelas maka pemberdayaan tidak akan tercapai begitu pula sebaliknya.

Seperti yang dituliskan Suharto dalam artikelnya Filosofi dan Peran Advokasi pada tahun 2006, menyebutkan bahwa pemberdayaan (empowerment) dapat didefinisikan sebagai ‘proses’ maupun sebagai ‘hasil’ (DuBois dan Miley, 2005; Suharto, 2005a). Sebagai sebuah proses, pemberdayaan adalah serangkaian aktivitas yang terorganisir dan ditujukan untuk meningkatkan kekuasaan, kapasitas atau kemampuan personal, interpersonal atau politik sehingga individu, keluarga, atau masyarakat mampu melakukan tindakan guna memperbaiki situasi-situasi yang mempengaruhi kehidupannya. Sebagai sebuah hasil, pemberdayaan menunjuk pada tercapainya sebuah keadaan, yakni keberdayaan atau keberkuasaan yang mencakup: (a)state of mind, seperti perasaan berharga dan mampun mengontrol kehidupannya; (b) reallocation of power yang dihasilkan dari pemodifikasian struktur sosial.

gallery/img_2474

Saya Merasa Tidak Dipaksa . . . .

Jasti Cahaya Nurani

Eksploitasi seksual  komersial anak menjadi isu yang menyeramkan, isu ini terjadi seperti peristiwa gunung es yang nampak jauh lebih sedikit dari kenyataan yang sebenarnya bahkan sulit untuk dimusnahkan berbagai macam alasan pendukung berkembangnya isu ini dari mulai kurangnya ekonomi yang menjadi alasan anak menjadi korban eska, bahkan rendahnya pendididkan termasuk dalam alasan tersebut yang paling terberat situasi lingkungan anak yang menjadi dasar terbentuknya anak menjadi dewasa sebelum waktunya.

gallery/ade tulisan

ANAK DAN KEHIDUPAN SEKSUAL

Neni Sumiati

Saya disini akan menceritakan kehidupan anak korban eksploitasi seksual, Nama saya yang berinisial NS tinggal di Kota Bandung, latar belakang Pendidikan SMK, anak ke 5 dari 5 bersaudara, saya bergabung di program peduli dari tahun 2015 sampai sekarang. Saya akan menceritakan tentang pengalaman seorang anak berinisial AL usia 17 tahun , AL  anak ke 2 dari 4 bersaudara, AL merupakan anak kembar ketika dilahirkan AL berbeda 5 menit dari saudara kembarnya yang berinisial AF, ibu AL menikah sebanyak empat kali dari hasil ....

gallery/bu neni