CREATIVE adalah proyek untuk peningkatan akses ketenagakerjaan yang inklusif bagi kaum muda, usia 16-24 tahun. Kaum muda yang menjadi penerima manfaat adalah mereka yang tingkat pendidikannya rendah (drop out SMA) dan tidak bekerja atau bekerja tetapi tidak tetap / unskills labour. Adapun prioritasnya adalah perempuan muda.

 

CREATIVE berusaha menjangkau dan mengakseskan orang muda rentan kepada pendidikan ketenagakerjaan berbasis kebutuhan pasar, pemagangan dan kesempatan pekerjaan yang layak. Proyek ini diharapkan dapat mengurangi kemiskinan dan mendukung perkembangan ekonomi berkesinambungan.

 

Tujuan program ini diantaranya adalah meningkatkan akses ketenagakerjaan melalui pemberdayaan kaum muda dan kelompok masyarakat; menguatkan lembaga keterampilan dan pelatihan agar sesuai kebutuhan pasar; membuat jaringan komunikasi dan kordinasi para pihak antara pemerintah, pengusaha, lembaga keterampilan dan kelompok masyarakat (termasuk kaum muda). CREATIVE bekerja di 10 desa di Kabupaten Sukabumi.

 

Capaian proyek :

  • 300 kaum muda mendapatkan akses pelatihan soft skills, pemagangan dan keterampilan teknis (technical skills)
  • 60% dari 300 penerima manfaat memulai menjalankan kewirausahaan
  • Terbangunnya 10 CBO di sepuluh desa yang berperan dalam meningkatkan akses ke penguatan tenaga kerja muda di wilayahnya.
  • Terbangunnya working group tenaga kerja muda di Kab. Sukabumi yang terdiri dari unsur pemeritah, dunia usaha, dan CBO (Community Based Organisation)
  • 16 orang fasilitator pelatihan soft skills yang terdiri dari kader CBO sepuluh desa dan lembaga penyelenggara pelatihan keterampilan
  • Replikasi kegiatan dengan menggunakan dana desa di 5 desa
  • Modul pelatihan soft skills dan literasi keuangan untuk tenaga kerja muda

 

Program ini didanai oleh Save The Children, Uni Eropa,  IDR 1.714.093.846,-      2015-2018

CREATIVE